Monday, October 22, 2012

Array, Record dan jenisnya

RECORD Sebuah record merupakan koleksi satuan data yang heterogen, yakni terdiri dari berbagai type. Satuan data tersebut sering disebut sebagai field dari record. Field dipanggil dengan menggunakan namanya masing-masing. Suatu field dapat terdiri atas beberapa subfield. Sebagai Contoh, data personalia dari seorang pegawai suatu perusahaan di Amerika Serikat, merupakan sebuah record yang dapat terdiri dari berbagai field, dan subfield seperti berikut ini :
1 NOMOR-JAMINAN-SOSIAL
2 NAMA, yang terdiri atas : NAMA-BELAKANG NAMA-DEPAN NAMA-TENGAH
3 ALAMAT, terdiri atas : JALAN NOMOR RUMAH NAMA-JALAN KOTA NEGARA-BAGIAN KODE-POS
4 MENIKAH

Pada record tersebut di atas, satuan data seperti NAMA BELAKANG ataupun KOTA merupakan tipe data string, sedangkan data lain seperti GAJI POKOK, TUNJANGAN JABATAN dan berbagai data yang akan diolah secara matematis akan disimpan dengan tipe data numerik, bisa integer maupun real. Data MENIKAH bisa digunakan tipe data boolean atau logikal. Seperti telah kita paparkan terdahulu, array berbeda dengan record, yakni array bersifat homogen (terdiri dari tipe data yang sama), dan komponen array tidak memiliki nama sendiri, dan hanya diberi identifikasi oleh posisi mereka di dalam array.

Penggunaan keduanya di dalam program juga berbeda, jika penggunaan array pada umumnya akan disimpan di memori utama komputer (bersifat sementara), sedangkan record biasanya digunakan dalam filing yang akan disimpan di memori sekunder komputer, seperti hard disk, disket, dan lainnya. Sebuah record memberi informasi tentang berbagai kondisi dari obyek pada permasalahan yang nyata sehari-hari. Setiap field memberi uraian tentang satu atribut dari obyeknya. Sebuah record biasanya diberi identifikasi oleh key-nya. Key atau kunci adalah salah satu atau lebih field yang dipilih untuk tujuan penyampaian informasi yang terjadi di dalam record yang bersangkutan. Koleksi dari record yang sama struktur fieldnya disebut suatu file atau berkas.

Jadi, koleksi dari record semua pegawai perusahaan membentuk sebuah file personalia. Pada umumnya record disimpan membentuk file, dalam urutan sesuai dengan nilai dari key masing-masing. Di dalam suatu file PERSONALIA, field NOMOR JAMINAN SOSIAL dari seorang pegawai dapat digunakan sebagai key. Di dalam bahasa pemrograman tingkat tinggi, record dapat dinyatakan sebagai struktur data (COBOL dan PL/1) dapat diadakan spesifikasi tentang nama record, field dan subfield yang bersangkutan.

Bentuk umum deklarasi Record Algoritma :
namaVar : record < namaField1 : tipeField1 , namaField2 : tipeField2 , namaFieldn : tipeFieldn , > Atau namavar dapat dipisah dari deklarasi tiperecordnya, sehingga menjadi : Type namaTipeRecord : record < namaField1 : tipeField1 , namaField2 : tipeField2 , … … namaFieldn : tipeFieldn , > namaVar : namaTipeRecord Bahasa C++ : struct namaTipeStruct { tipeField1 namaField1; tipeField2 namaField2; … … tipeFieldn namaFieldn; } namaVar; Atau namavar dapat dipisah dari deklarasi tiperecordnya, sehingga menjadi : typedef struct { tipefield1 namafield1; tipefield2 namafield2; … … tipefieldn namafieldn; } namatipestruct; namatipestruct namavar; Catatan : namaVar bisa lebih dari satu Contoh record :

Algoritma : Deklarasi Type Mahasiswa : Record < NIM : integer, Nama : string, KodeMK : string, NilaiHuruf : char > Mhs1,Mhs2 : Mahasiswa Bahasa C++ : //deklarasi typedef struct { int NIM; char Nama[20]; char KodeMK[10]; char NilaiHuruf; } Mahasiswa; Mahasiswa Mhs1,Mhs2; Cara mengakses elemen record : namavar.namafield Contoh Program :
#include(iostream)
#include(string.h)
typedef struct { int tanggal, bulan, tahun; }
data_tanggal tgl_lahir; typedef struct { char nama[30];
data_tanggal tgl_lahir;
{ data_rekan;
data_rekan info_rekan;
Main()
{ strcpy(info_rekan.nama,”Budi”);
info_rekan.tgl-lahir.tanggal = 30; info_rekan.tgl_lahir.bulan = 4; info_rekan.tgl_lahir.tahun = 2002;
cout << “Nama : “ < cout << “\nTanggal Lahir :”;
cout << “-“ << info_rekan.tgl_lahir.bulan;
cout << “-“ << info_rekan.tgl_lahir.tahun;
}

Contoh Variasi program Cara Mendeklarasikan Structur :
#include(iostream.h)
#include(string.h)
main()
{ struct data_tanggal { int tanggal, bulan, tahun; };
struct data_rekan { char nama[30]; struct data_tanggal tgl_lahir; };
struct data_rekan info_rekan;
strcpy(info_rekan.nama,”Hanif”);
info_rekan.tgl_lahir.tanggal = 30;
info_rekan.tgl_lahir.bulan = 4;
info_rekan.tgl_lahir.tahun = 2002;
cout<<”Nama : “< cout<<”\nTanggal lahir :”;
cout< cout<<”-”< cout<<”-”< }



ARRAY

Array merupakan tipe data terstruktur yang berguna untuk menyimpan sejumlah data yang bertipe sama. Bagian yang menyusun array disebut elemen array, yang masing-masing elemen dapat diakses tersendiri melalui indeks array.

Membuat Array
Suatu array dapat dibuat dengan menggunakan konstruksi array. Sebagai contoh array jurusan diatas dapat dibentuk dengan menggunakan pernyataan sebagai berikut ini :
$jurusan = array (“Elektronika”,
“Telekomunikasi”,
“Elektro Industri”,
“Teknologi Informasi”,
“Teknik Kimia”);
Cara yang lain, anda bisa menggunakan cara sebagai berikut :
$jurusan[] = “Elektronika”
$jurusan[] = “Telekomunikasi”
$jurusan[] = “Elektro Industri”
$jurusan[] = “Teknologi Informasi”
$jurusan[] = “Teknik Kimia”
Angka yang diletakkan di dalam tanda [] biasanya disebut kunci atau indeks. PHP, secara bawaan menggunakan indeks dimulai dengan nol.

Mengambil isi Array
Untuk mengambil isi array, anda bias menggunakan notasi :
$nama_array[indeks]
Contoh :
Print ($jurusan[0]);
Akan menampilkan isi elemen pertama array jurusan.
Mengetahui Jumlah elemen Array
PHP menyediakan fungsi bernama count yang berguna untuk mendapatkan jumlah elemen array. Fungsi ini memerlukan argument berupa array bersangkutan. Sebagai contoh :
Index
$jurusan
$musik = array (“Jazz”, “Blues”, “Fusion”);
Printf(“Jumlah elemen : %d”, count($musik));
Akan menampilkan :
Jumlah elemen = 3

Pada contoh diatas,
• Elemen berindeks “Sunday” berisi string “Minggu”;
• Elemen berindeks “Sunday” berisi string “Senin”;
• Elemen berindeks “Tuesday” berisi string “Selasa”;
• Elemen berindeks “Wednesday” berisi string “Rabu”;

Array Multidimensi
PHP memungkinkan sebuah elemen array mengandung array dan bahkan jumlah elemen array yang dikandung oleh elemen array bisa berbeda.

Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment