Friday, October 19, 2012

ARSITEKTUR KOMPUTER.DOCX


1.   Pendahuluan
Arsitektur disini dapat didefinisikan sebagai gaya konstruksi dan organisasi dari komponen-komponen sistem komputer. Walaupun elemen-elemen dasar komputer pada hakekatnya sama atau hampir semuanya komputer digital, namun terdapat variasi dalam konstruksinya yang merefleksikan cara penggunaan komputer yang berbeda.

Tingkatan Dalam Arsitektur Komputer
Ada sejumlah tingkatan dalam konstruksi dan organisasi sistem komputer. Perbedaan paling sederhana diantara tingkatan tersebut adalah perbedaan antara hardware dan software.
1.    Tingkatan Dasar Arsitektur Komputer

           SOFTWARE LEVEL


            HARDWARE LEVEL
Pada tingkatan ini Hardware sebagai tingkatan komputer yang paling bawah dan paling dasar, dimana pada hardware ini “layer” software ditambahkan. Software tersebut berada di atas hardware, menggunakannya dan mengontrolnya. Hardarwe ini mendukung software dengan memberikan atau menyediakan operasi yang diperlukan software.
                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                Tingkatan dasar arsitektur komputer


2.    Multilayerd Machine
Tingkatan dasar arsitektur komputer kemudian dikembangkan dengan memandang sistem komputer keseluruhan sebagai “multilayered machine” yang terdiri dari beberapa layer software di atas beberapa layer hardware.
Berikut tingkatan layer tersebut :

7.
6.
5.

SOFTWARE LEVEL
Applications Layer
Higher Order Software Layer
Operating System Layer
4.
3.
2.
1.

HARDWARE LEVEL

Machine Layer
Microprogrammed Layer
Digital Logic Layer
Physical Device Layer

Keterangan :
1.    Physical  Device Layer

Merupakan komponen elektrik dan elektronik yang sangat penting

2.    Digital Logic Layer
Elemen pada tingkatan ini dapat menyimpan,memanipulasi, dan mentransmisi data dalam bentuk represeotasi biner sederhana.
3.    Microprogrammed Layer
Menginterprestasikan instruksi bahasa mesin dari layer mesin dan secaa langsung menyebabkan elemen logika digital menjalankan operasi yang dikehendaki. Maka sebenarnya ia adalah prosesor inner yang sangat mendasar dan dikendalikan oleh instruksi program kontrol primitifnya sendiri  yang disangga dalam ROM innernya sendiri. Instruksi program ini disebut mikrokode dan program kontrolnya disebut mikroprogram.
4.    Machine Layer
Adalah tingkatam yang paling bawah dimana program dapat dituliskan dan memang hanya instruksi  bahasa mesin yang dapat diinterprestasikan secara langsung oleh hardware.
5.    Operating System Layer
Mengontrol cara yang dilakukan oleh semua software dalam menggunakan hardware yang mendasari (underlying) dan juga menyembunyikan kompleksitas hardware dari software lain dengan cara memberikan fasilitasnya sendiri yang memungkinkan software menggunakan hardware tersebut secara lebih mudah.
6.    Higher Order Software Layer
Mencakup semua program dalam bahasa selain bahasa mesin yang memerlukan penerjemahan ke dalam kode mesin sebelum mereka dapat dijalankan. Ketika diterjemahkan program seperti itu akan mengandalkan pada fasilitas sistem operasi yang mendasari maupun instruksi-instruksi mesin mereka sendiri.
7.    Applications Layer
Adalah bahasa komputer seperti yang dilihat oleh end-user.

II.     Central Processing Unit (CPU)

CPU atau satuan merupakan tempat pemrosesan instruksi-instruksi program. Pada komputer mikro, processor ini disebut  microprocessor. CPU terdiri dari dua bagian utama, yaitu unit kendali ( control unit) dan unit Aritmatika dan logika (arithmethic logic unit). Disamping dua bagian utama tersebut, CPU mempunyai beberapa simpanan yang berukuran kecil yang disebut register.

Control Unit
            Bagian ini bertugas mengatur dan mengendalikan semua peralatan yang ada pada sistem komputer. Control unit mengatur kapan alat input menerima data dan kapan data diolah serta kapan ditampilkan pada alat output. Control Unit mengartikan instruksi-instruksi dari program komputer, membawa data dari alat input ke main memory, mengambil data dari main memory untuk diolah. Bila ada instruksi untuk perhitungan aritmatika atau perbandingan logika, control unit mengirim instruksi tersebut ke aritmetic and logic unit. Hasil dari pengolahan data ini dibawa oleh control unit  ke main memory lagi untuk disimpan.
Jadi tugas dari control unit adalah :
1.    mengatur dan mengendalikan alat-alat input dan output
2.    mengambil instruksi-instruksi dari main memory
3.    mengambil data dari main memory kalau diperlukan oleh proses
4.    mengirim instruksi ke aritmaetic and logic unit bila perhitungan aritmatik atau perbandingan logika serta mengawasi kerja aritmatik dan logika
5.    menyimpan hasil proses ke main memory

Arithmetic And Logic Unit (ALU)
            Tugas utama dari ALU adalah melakukan  semua perhitungan aritmatik atau matematika yang terjadi sesuai dengan instruksi program. ALU melaukan operasi aritmatik dengan dasar pertambahan, sedang operasi aritmatik yang lainnya seperti pengurangan, perkalian dan pembagian dilakukan dengan dasar penjumlahan. Sehingga sirkuit elektronik di ALU yang digunakan untuk melaksanakan operasi aritmatik ini disebut adder.
            Tugas  lain ALU adalah melakukan keputusan dari operasi logika sesuai dengan instruksi program. Operasi logika meliputi perbandingan dua buah elemen logika dengan menggunakan operator logika, yaitu =, <>, <, >, <+, >=.

III. Jenis- Jenis Processor

1.    Mikroprosesor 8080
Prosesor ini lahir pada tahun 1974, dengan75 instruksi, memori maksimum 64 Kbyte.  Sistem operasi yang digunakan adalah CP/M dari microsoft
2.    Mikroprosesor 6800 dan 6502
Mikroprosesor ini dirancang oleh Chuck Peddle yang dikeluarkan oleh Motorola.  Komputer yang menggunakan prosesor ini adalah APPLE I dan II, KIM-1 VIC, dan lain-lain.
3.    Mikroprosesor Z-80
Prosesor yang pertama kali menggunakan RAM.
4.    Mikroprosesor  8085
Prosesor ini dikeluarkan oleh Zilog. Produk ini merupakan produk gagal karena kalah cepat dengan Z-80.
5.    Mikroprosesor INTEL 8086/8088
Prosesor ini berbasis 16 bit. Mempunyai dua mode kerja. Mode pertama disebut mode minimum, dimana prosesor bekerja sendiri. Mode kedua disebut mode maksimum yang memungkinkan terjadinya pemakaian prosesor ganda. Dalm hal ini Intel menyediakan prosesor pasangannya 8087 yang merupakan prosesor khusus untuk prosesor matematis.
6.    Mikroprosesor 6800
Prosesor ini dikeluarkan oleh Motorola dengan struktur 16 bit tetapi internalnya 32 bit. Prosesor ini cocok sekali digunakan dengan sistem operasi UNIX. Komputer yang menggunakan prosesor ini adalah Apple Machintosh.
7.    Mikroprosesor 80286
Versi ini adalah lanjutan dari 8086 dengan arsitektur 16 bit murni dan memiliki 16 MB. Komputer yang terkenal adalah IBM AT.
8.    Mikroprosesor 80386
Komputer dengan arsitektur 32 bit murni dan mampu memiliki memori hingga 4 GB.
9.    Mikroprosesor 68020 dan 68030
Prosesor ini bekerja pada 32 bit dengan kecepatan 15,7 MHz.. Kelebihan prosesor ini adalah adanya cache memori internal.
10.  Mikroprosesor 80486
Prosesor ini memiliki prosesor 80386 beserta FPU 80387 ditambah dengan cache memory internal.

III.          Komunikasi dan Jaringan Komputer



            Dunia komputer kaya akan informasi. Setiap saat kita membutuhkan pemindahan informasi dari satu tempat ke tempat lain. Karena itu pada dunia komputer dikenal system komunikasi data.  Data akan ditransmisikan dari suatu tempat ke tempat lain yang membutuhkan.

Jenis Transmisi Data :
  1. On-Line; adalah segala transmisi yang mengaah lengsung ke komputer dengan diatur komputer.
  2. Off-line ; yaitu komunikasi tidak langsung ke komputer melainkan ditulis terlebih dahulu ke da;am tape, disk dan lainnya. Sistem ini tidak interaktif ini disebabkan tidak adadanya komputer yang dihubungkan pada lokasi dimana data dikirimkan, sehingga tidak ada data tanggapan data tersebut telah diterima.

Kecepatan Transmisi

Kecepatan transmisi data ditentukan oleh banyal factor seperti media pengirimnya seperti kabel, udara (gelombang radio), serat optik dan lainnya. Satuan kecepatan transmisi data adalah baud. Satu baud identik dengan 1 bps (bit per second). Berbagai alat elektronik memiliki kemampuan tersendiri. Unit komputer kecepatannya berkisar antara 30 bps hingga 100 Mps.

Gangguan Transmisi

1.    Noise, yaitu sinyal random tak diperlukan yang diambil (terserap) oleh channel tersebut. Kualitas channel bisa dinyatakan menurut signal – to – noise ratio (rasio sinyal terhadap noise)nya, yang ini diukur dalam decibel, dB semakin rendah nilainya maka akan semakin baik.
2.    Distorsi , yaitu perubahan pada bentuk sinyal yang disebabkan oleh sesuatu seperti absorpsi (penyerapan) sinyal 9attenuation) dan delay oleh media.

 

Sistem jalur

Transmisi bisa dilakukan dalam tiga mode yaitu :
  1. Simplex ; transmisi hanya bisa dilakukan dalam satu arah
  2. Half Duplex; transmisi bisa dilakukan dalam dua arah, namun tidak secara serentak
  3. Duplex; transmisi bisa dilakukan dalam dua arah secera serentak.

Peralatan Transmisi
  1. Modem adalah kependekan dari modulator-demodulator. Fungsinya adalah memodulasi sinyal ke dalam frekuensi yang sesuai untuk transmisi dan untuk mendemodulasi sinyal tersebut pada ujung penerima.
  2. Accoustic coupler,  bisa menggunakan handset telepon. Alat ini cocok untuk transmisi kecepatan rendah.
  3. Multiplexor, alat yang digunakan untuk menangani pesan yang masuk dan yang keluar
  4. Dataplex atau concentrator, untuk mengurangi biaya transmisi. Ia menghubungkan sejumlah terminal yang saling berdekatan namun tidak menghubungkan ke komputer sentral.

Keuntungan menggunakan Jaringan
  1. Pembagian (penggunaan secara bersama) sumber daya dan informasi
  2. Pengaturan fasilitas local tanpa kehilangan kontrol sentral
  3. Pendistribusian muatan kerja dan muatan pemrosesan yang pas
  4. Fasilitas komunikasi yang lebih baik

Model Arsitektur Jaringan OSI ( Open System Interconnection)
  1. Layer kontrol fisik, adalah tingkat koneksitas elektris, transmisi sinyal dan data dalam bentuk biner mentah
  2. Layer hubungan data adalah tingkat dimana data ditransmisi dalam unit-unit kecil dengan menggunakan protocol yang sesuai untuk mengontrol dan mengecek transmisi yang benar. Unit-unit data tersebut disebut frame yakni karakter yang ditransmisikan secara tak sinkron atau blok karakter yang ditransmisikan secara sinkron
  3. Layer  jaringan adalah tingkat yang memberikan kontrol antara point pengirim dan penerimaan yang berebelahan dalam jaringan.
  4. Layer transport adalah tingkat yang memberikan layanan end-to end antara komputer host. Ia mengangani pengalamatan, kontrol kesalahan dan transfer data reguler.
  5. Layer session adalah tingkat yang menangani penetapan koneksi antara host dan menangani manajemen dialog
  6. Layer perentasi adalah tingkat yang mengangani bentuk standar untuk pemrosesan data misalnya layout yang digunakan untuk tampilan VDU
  7. Layer aplikasi adalah tingkat yang dikontrol pemakai dalam menentukan data apa yang akan ditransmisikan dan begaimana ia akan dikirimkan dan diterima.

       Bentuk – Bentuk Jaringan                                                                                                                                                       
  1. Star, bebrapa node dihubungkan dengan suatu node pusat yang membentuk jaringan seperti bintang. Semua komunikasi ditangani dan diatur langsung oleh central node. Central node biasanya berupa komputer node lainnya yang beberapa terminal atau komputer mini atau mikro melali suatu link.
                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                               



                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                               

                               
                                                                                 
 









  1. Hierarchical Tree Network
Jaringan ini berbentuk pohon yang bercabang yang terdiri dari central node dihubungkan dengan node lain secara berjenjang. Biasanya berupa mainframe sebagai host yang merupakan jenjang tertinggi yang bertugas mengkoordinasi dan menendalikan node jenjang dibawahnya yang dapat berupa mino computer atau microcomputer.
                                                                                                                                                                                               











 


















  1. Loop Network
Merupakan hubungan antar node secara serial dalam bentuk suatu lingkaran tertutup. Dalam bentuk ini tak ada central node atau host node, semua punya status yan sama.





 







                                                                                                                                                           



  1. Bus Network
Bentuk ini menghubungkan beberapa node dalam jalur data (bus). Masing-masing niode dapat melakukan tugas-tugas operasi yang berbeda-beda, tidak ada central node.











                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                               































 



















  1. Ring Network
Bentuk ini merupakan gabungan bentuk loop dan bus network. Jika salah satu node tidak berfungsi atau rusak, maka tidak akan mempengaruhi komunikasi node yang lainnya karena terpisah dari jalur data.

                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                               





 







                       








Kebaikan dan Keburukan dari bentuk-bentuk Network
Bentuk
Network
Kebaikan
Keburukan
Star
Kontrol manajemen lebih mudah karena terpusat
Kalau central node rusak, maka semua tidak berfungsi
Hierarchical
Kontrol manajemen lebih mudah karena terpusat dibagi dalam jenjang-jenjang
Bila salah satu node rusak, maka node jenjang bawahnya tidak dapat berfungsi
Loop
Semua node mempunyai status yang sama
Bila salah satu node rusak maka akan menggganggu komunikasi node yang lainnya serta
Bus
Bila salah satu node rusak tidak akan mengganggu yang lainnya karena tiaop-tiap node tidak berhubngan langsung tetapi lewat bus
Bila bus rusak, semua node tidak dapat berfungsi dan kontrol manajemen lebih sulit karena desentralisasi
Ring
Sama dengan bus
Terlalu bnayak link sehingga biaya mahal dan kontrol manajemn sulit karena desentralisasi




Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment